Lembar Observasi Praktik Pembelajaran
Bahasa Indonesia SD/MI MIni
(untuk Pengamat)
Nama Guru
Model :.......................................................
Nama Pengamat :.......................................................
Kelas :.......................................................
Tanggal :.....................................................
Amati keterampilan guru model dalam melakukan
praktik Pembelajaran Bahasa Indonesia Mini. Berikan penilaian terhadap
keterampilan guru model dalam melaksanakan pembelajaran dengan memberikan skor
1-4. Semakin tinggi skor Anda berikan
menunjukkan semakin baik keterampilan guru model.
No
|
Aspek
yang Diobservasi
|
Skor
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
A
|
Bagian
Pendahuluan
|
||||
1.
|
Keterampilan menjelaskan kompetensi siswa dalam mengikuti praktek pembelajaran bahasa
Indonesia Mini
|
||||
2.
|
Keterampilan apersepsi (mereview pengalaman belajar
dikaitkan dengan materi yang akan dibahas)
|
||||
3.
|
Keterampilan menarik
perhatian dan memotivasi siswa
|
||||
4.
|
Keterampilan menjelaskan
ruang lingkup materi yang akan dibahas
|
||||
5.
|
Keterampilan menyampaikan relevansi dan manfaat materi yang dibahas
|
||||
B
|
Bagian Penyajian
|
||||
1.
|
Sistematika penyampaian materi pembelajaran
|
||||
2.
|
Keterampilan menjelaskan materi pembelajaran
|
||||
3.
|
Kemampuan menggunakan contoh dan non contoh yang sesuai
|
||||
4.
|
Keterampilan membimbing siswa
|
||||
5.
|
Keterampilan mengajukan pertanyaan
|
||||
6.
|
Keterampilan memberikan umpan balik
|
||||
7.
|
Keterampilan menyebarkan pertanyaan
|
||||
8.
|
Keterampilan mengaktifkan peserta
|
||||
9.
|
Keterampilan memberikan penguatan verbal dan nonverbal
|
||||
10.
|
Keterampilan menggunakan media, alat dan
sumber pembelajaran
|
||||
11.
|
Keterampilan menggunakan beragam metode pembelajaran
|
||||
C
|
Bagian Penutup
|
||||
1.
|
Keterampilan menyimpulkan materi bersama siswa
|
||||
2.
|
Keterampilan mengukur hasil belajar siswa
|
||||
3.
|
Keterampilan memberikan umpan balik terhadap hasil belajar siswa
|
||||
4.
|
Keterampilam memberikan informasi tentang kegiatan tindak lanjut
|
||||
D
|
Mendemonstrasikan kemampuan khusus dalam Pembelajaran mata
pelajaran bahasa Indonesia
|
||||
1.
|
Mendemonstrasikan penguasaan materi bahasa Indonesia
|
||||
2.
|
Mengembangkan latihan keterampilan berbahasa dan mengapresiasi
sastra
|
||||
3.
|
Mengembangkan kemampuan siswa untuk berkomunikasi
|
||||
4.
|
Memupuk kegemaran membaca
|
||||
E
|
Keterampilan mengelola waktu
|
||||
Skor Total
|
Secara umum, tuliskan komentar dan pendapat Anda terhadap keterampilan guru
model dalam Praktik Pembelajaran Bahasa Indonesia Mini.
....................................................................................................................................................................................................
..........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Skor Total Minimal = 25; Skor Total Maksimal =
100
Kriteria Keterampilan:
Rendah = 25-45
Sedang = 46-80
Tinggi = 81-100
. ................................, ........... 2017
(.........................................)
No comments:
Post a Comment