KISI-KISI UJIAN
AKHIR PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MI/SD
SEMESTER GANJIL 2016/2017
No
|
Indikator
|
Nomor Soal
|
Skor
|
1
|
Mampu merancang
atau mencontohkan langkah-langkah kegiatan pembelajaran bahasa Indonesia
MI/SD dengan salah satu pendekatan pembelajaran khas bahasa Indonesia.
|
1
|
30
|
2
|
Mampu mengidentifikasi
kelebihan atau kelemahan suatu peristiwa pembelajaran bahasa Indonesia di MI/SD dilihat dari 3 aspek [1.Masalah dalam
interaksi pembelajaran (siswa kurang aktif, siswa tidak mau menjawab
pertanyaan, respon dalam diskusi rendah dll), 2. Masalah berkaitan dengan prestasi
belajar (nilai ulangan rendah, kemampuan berbahasa rendah, nilai belum
mencapai KKM), 3.Masalah berkaitan disiplin belajar (tidak mengerjakan PR,
siswa gaduh, siswa tidak memperhatikan proses pembelajaran, Siswa banyak yang
tidak berpikir dll)] dan dari aspek-aspek
berikut.
a.
materi pelajaran,
b.
pendekatan/metode/teknik pembelajaran,
c.
penggunaan media pembelajaran,
d.
pengelolaan kelas,
e.
pelaksanaan evaluasi
|
2.a
|
20
|
3
|
Mampu menganalisis faktor penyebab kelebihan atau kelemahan
pembelajaran bahasa Indonesia di MI/SD.
|
2.b
|
20
|
4
|
Mampu mengembangkan alternatif
pemecahan masalah pembelajaran bahasa
Indonesia beserta alasannya dalam
rangka perbaikan kelemahan atau peningkatan kualitas pembelajaran yang
disajikan dalam kasus/ permasalahan pembelajaran di SD/MI.
|
2.c
|
30
|
trimksh bapak, izin share
ReplyDelete