UJIAN
AKHIR SEMESTER GENAP TAHUN AKADEMIK 2015/2016
Mata
Kuliah : Bahasa dan Sastra Indonesia
MI/SD
Jurusan : Tarbiyah
Prodi : PGMI/A/B/C/D
Pengampu :
Muchamad Fauyan, M. Pd.
|
Hari, Tanggal: Kamis,
09 Juni 2016
Waktu : 08:00-9:30
Ruang : H2-H9
Sifat : Take Home
|
A.
TUGAS
1: MENGANALISIS KESALAHAN BERBAHASA
Sebagai seorang guru/calon guru, Anda perlu mengetahui dan
mempraktikkan bagaimana cara kita menganalisis bahasa yang baik dan benar. Melalui analisis
kesalahan berbahasa, Anda dapat menjelaskan penggunaan bahasa Indonesia yang
baik dan benar pada siswa.
Kesalahan berbahasa merupakan
bagian yang integral
dalam proses pemerolehan dan
pembelajaran bahasa kedua.
Kesalahan itu bukan
untuk dihindari atau dicaci maki melainkan sesuatu yang harus dipelajari. Penggunaan
bahasa Indonesia yang baik dan benar adalah parameter atau alat ukur kesalahan
berbahasa. Penggunaan bahasa Indonesia di luar parameter tersebut adalah bentuk
kesalahan berbahasa. Apabila penggunaan
bahasa di luar
faktor-faktor berkomunikasi
dan kaidah bahasa
Indonesia yang disempurnakan
(EYD Bahasa Indonesia), maka penggunaan bahasa itu dipandang salah.
Analisis kesalahan berbahasa
dapat dijelaskan berdasarkan
tataran linguistik; seperti tataran fonologi, morfologi, kelompok kata,
frase, klausa, kalimat, wacana, dan semantik.
Analisis kesalahan berbahasa
adalah suatu prosedur
kerja. Sebagai suatu prosedur kerja
atau metode, analisis
kesalahan berbahasa memiliki
langkah-langkah kerja tertentu.
Langkah-langkah kerja tertentu
tersebut selanjutnya dipandang
sebagai metodologi analisis kesalahan berbahasa. Metode analisis kesalahan
berbahasa yang dapat digunakan adalah metode analisis kesalahan berbahasa dalam bidang
fonologi dan metode analisis kesalahan berbahasa dalam bidang morfologi.
Adapun tugas Anda adalah menganalisis kesalahan berbahasa dengan
metode analisis kesalahan berbahasa dalam bidang morfologi di lingkungan kampus
STAIN Pekalongan dan sekitarnya.
Berikut ini beberapa rambu-rambu yang perlu Anda perhatikan, antara lain:
- Kumpulkan bahan atau sampel kesalahan (korpus) dalam bentuk foto.
- Identifikasi kesalahan berbahasa dalam bidang morfologi. Ingat kesalahan bidang morfologi dapat dikelompokkan menjadi kelompok afiksasi, reduplikasi, dan gabungan kata atau kata majemuk.
- Jelaskan kesalahan berbahasa yang telah dipilih dengan melingkari merah dan tuliskan penulisan bahasa yang benar disebelahnya dengan memberi tanda panah. Contoh:
- Pastikan bahwa bahan dan informasi analisis kesalahan berbahasa yang dipilih telah cukup lengkap memenuhi kelompok afiksasi, reduplikasi, dan gabungan kata.
- Sajikan analisis kesalahan berbahasa yang telah dipilih dalam program video secara urut dan sistematis agar pesan yang disampaikan lebih mudah dipahami pemirsa.
Tugas
Buatlah analisis kesalahan berbahasa dalam bidang
morfologi di lingkungan kampus STAIN Pekalongan dan sekitarnya. Penyajian tugas
dalam bentuk file video dengan durasi 4-6 menit. Hasil burning file video ke
VCD dikumpulkan pada ketua kelas tanggal 13 Juni 2016. Jangan lupa untuk
memberi identitas, seperti nama, kelompok, kelas, dan program studi.
B.
TUGAS 2: MENGAPRESIASI SASTRA ANAK
Sastra
anak dapat diartikan sebagai karya seni
yang imajinatif dengan unsur estetisnva dominan yang bermediumkan bahasa, baik
lisan ataupun tertulis, yang secara khusus
dapat dipahami oleh anak-anak dan berisi tentang dunia yang akrab dengan
anak-anak.
Ada tiga
ciri yang menandai sastra anak
itu berbeda dengan sastra orang dewasa.
Tiga ciri pembeda itu berupa: (1) unsur
pantangan, (2) penyajian dengan gaya secara langsung, dan (3) fungsi terapan.
Apresiasi
sastra adalah kegiatan menggauli cipta sastra anak dengan sungguh-sungguh
sehingga tumbuh pengertian, penghargaan,
kepekaan pikiran kritis
dan kepekeaan perasaan yang baik
terhadap citrasastra anak.
Adapun tugas
Anda terkait apresiasi sastra anak adalah
1.
Membuat puisi
anak dan membacakannya
2.
Membuat naskah
drama dan mementaskannya
1.
Membuat puisi
anak dan membacakannya
- Untuk membuat puisi,
pertama tentu Anda harus menentukan tema atau judul terlebih dahulu,
misalnya tema tentang puisi keluarga, puisi binatang dan tumbuhan, puisi
persahabatan, puisi lucu-lucu, keindahan alam dan pemandangan, hidup
sederhana, dan lain-lain.
- Setelah Anda menentukan tema atau judul
selanjutnya mencari pilihan kata yang tepat atau kata-kata kunci dan
mengembanngkannya, cara yang kedua ini dapat terasah dengan
sering-sering membaca
contoh puisi yang
ada.
- Gunakan gaya bahasa
untuk membangun suasananya, supaya sebuah puisi memiliki gereget untuk dibaca,
maka sebaiknya dalam menulis puisi, penulis sebisa mungkin untuk membangun
suasana yang sesuai dengan tema yang diangkat.
- Tentukan
nada, rima, dan citraan,
merupakan hal yang penting dan tidak bisa dianggap remeh dalam proses
pembuatan puisi adalah menentukan nada, rima, dan citraan, karena sebaik apapun
pemilihan kata dan isi puisi tersebut, apabila tidak diiringi dengan
pemilihan nada, rima, dan citraan yang
sesuai, maka sajian puisi pun akan hambar.
e.
Puisi yang telah
dibuat selanjutnya dibacakan dengan diiringi musik yang sesuai dengan isi puisi,
f.
Sajikan tugas
membuat puisi dan musikalisasi puisi dalam program video pembelajaran yang
komunikatif.
Tugas
Buatlah satu puisi anak kemudian dibaca dengan diiringi
musik yang sesuai dengan isi puisi. Puisi dan musikalisasi puisinya divideokan.
Durasi video kurang dari 20 menit. Hasil burning file video ke VCD dikumpulkan pada
ketua kelas tanggal 13 Juni 2016. Jangan lupa untuk memberi identitas, seperti
nama, kelompok, kelas, dan program studi.
2.
Membuat naskah
drama anak dan mementaskannya
Drama adalah
satu bentuk lakon seni melalui percakapan dan lakuan tokoh-tokohnya.
Adapun tugas Anda adalah membuat
naskah drama anak dan mementaskannya serta memvideokan.
Berikut ini beberapa hal
yang perlu Anda perhatikan berkenaan dengan kaidah penulisan naskah drama.
a. Pada awal kisahan biasanya disertakan prolog
sebagai pengantar cerita dan epilog sebagai penutup cerita.
b.
Penulisan dialog harus diawali dengan nama tokoh
yang mengungkapkan dialog.
c.
Penggunaan tanda baca titik dua untuk
mengungkapkan dialog tokoh.
d.
Petunjuk lakuan dituliskan dengan tanda kurung
atau diletakkan sebagai paragraf tersendiri.
e. Penulisan perpindahan babak, adegan, atau setting
drama ditulis tersendiri atau tidak digandeng dengan dialog tokoh.
Tugas
Buatlah satu naskah drama pendek kemudian dipentaskan.
Pementasan drama divideokan. Durasi drama kurang dari 20 menit. Hasil burning
file video ke VCD dikumpulkan pada ketua kelas tanggal 13 Juni 2016. Jangan
lupa untuk memberi identitas, seperti nama, kelompok, kelas, dan program studi.
Catatan tambahan:
- Tugas ini dikerjakan secara kelompok.
- Kelompok didasarkan pada hasil pembagian kelompok tugas analisis kesalahan berbahasa pada waktu terdahulu.
- Setiap kelompok wajib mengerjakan tugas 1 (menganalisis kesalahan berbahasa) dan memilih salah satu dari tugas 2 (tugas pilihan). Apabila memilih tugas membuat puisi maka setiap anggota kelompok harus membuat puisi dan membacakannya dan apabila memilih tugas membuat naskah drama maka setiap anggota kelompok terlibat sebagai tokoh drama).
- Setiap kelompok presentasi kelas dimohon untuk mengirim file PPT-nya ke email fauzan_btg@yahoo.co.id
“Selamat Berkarya”
Mati lampu hidupkan lilin
Api lilin jangan digapai
Belajarlah hidup disiplin
Agar cita-cita mudah tercapai
No comments:
Post a Comment