Selamat Datang di Blog Si Bejo - You deserve to get the best things in life

Monday 23 May 2016

SOAL UAS BAHASA DAN SASTRA INDONESIA DI MI/SD

 UJIAN AKHIR SEMESTER GENAP TAHUN AKADEMIK 2015/2016

Mata Kuliah   : Bahasa dan Sastra Indonesia MI/SD
Jurusan           : Tarbiyah
Prodi               : PGMI/A/B/C/D
Pengampu       : Muchamad Fauyan, M. Pd.
Hari, Tanggal: Kamis, 09 Juni 2016
Waktu            : 08:00-9:30
Ruang             : H2-H9
Sifat                : Take Home

A.    TUGAS 1: MENGANALISIS KESALAHAN BERBAHASA
Sebagai seorang guru/calon guru, Anda perlu mengetahui dan mempraktikkan bagaimana  cara  kita menganalisis  bahasa yang baik dan benar. Melalui analisis kesalahan berbahasa, Anda dapat menjelaskan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar pada siswa.
Kesalahan  berbahasa  merupakan  bagian  yang  integral  dalam  proses pemerolehan  dan  pembelajaran  bahasa  kedua.  Kesalahan  itu  bukan  untuk dihindari atau dicaci maki melainkan  sesuatu yang harus dipelajari. Penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar adalah parameter atau alat ukur kesalahan berbahasa. Penggunaan bahasa Indonesia di luar parameter tersebut adalah bentuk kesalahan berbahasa.  Apabila  penggunaan  bahasa  di  luar  faktor-faktor berkomunikasi  dan  kaidah  bahasa  Indonesia  yang  disempurnakan  (EYD Bahasa Indonesia), maka penggunaan bahasa itu dipandang salah.
Analisis kesalahan berbahasa  dapat  dijelaskan  berdasarkan  tataran  linguistik; seperti  tataran fonologi, morfologi, kelompok kata, frase, klausa, kalimat, wacana, dan semantik.
Analisis  kesalahan  berbahasa  adalah  suatu  prosedur  kerja.  Sebagai  suatu prosedur  kerja  atau  metode,  analisis  kesalahan  berbahasa  memiliki  langkah-langkah  kerja  tertentu.  Langkah-langkah  kerja  tertentu  tersebut  selanjutnya dipandang sebagai metodologi analisis kesalahan berbahasa. Metode analisis kesalahan berbahasa yang dapat digunakan adalah metode  analisis kesalahan berbahasa dalam bidang fonologi dan metode analisis kesalahan berbahasa dalam bidang morfologi.
Adapun tugas Anda adalah menganalisis kesalahan berbahasa dengan metode analisis kesalahan berbahasa dalam bidang morfologi di lingkungan kampus STAIN Pekalongan dan sekitarnya.
Berikut ini beberapa rambu-rambu yang perlu Anda perhatikan, antara lain:
  1. Kumpulkan bahan atau sampel kesalahan (korpus) dalam bentuk foto.
  2. Identifikasi kesalahan  berbahasa  dalam bidang  morfologi. Ingat kesalahan bidang morfologi  dapat dikelompokkan menjadi  kelompok  afiksasi,  reduplikasi, dan gabungan kata  atau kata majemuk.
  3. Jelaskan kesalahan berbahasa yang telah dipilih dengan melingkari merah dan tuliskan penulisan bahasa yang benar disebelahnya dengan memberi tanda panah. Contoh:
  4. Pastikan bahwa bahan dan informasi analisis kesalahan berbahasa yang dipilih telah cukup lengkap memenuhi kelompok afiksasi, reduplikasi, dan gabungan kata.
  5. Sajikan analisis kesalahan berbahasa yang telah dipilih dalam program video secara urut dan sistematis agar pesan yang disampaikan lebih mudah dipahami pemirsa.
Tugas
Buatlah analisis kesalahan berbahasa dalam bidang morfologi di lingkungan kampus STAIN Pekalongan dan sekitarnya. Penyajian tugas dalam bentuk file video dengan durasi 4-6 menit. Hasil burning file video ke VCD dikumpulkan pada ketua kelas tanggal 13 Juni 2016. Jangan lupa untuk memberi identitas, seperti nama, kelompok, kelas, dan program studi.

B.     TUGAS 2: MENGAPRESIASI SASTRA ANAK
Sastra anak dapat diartikan  sebagai karya seni yang imajinatif dengan unsur estetisnva dominan yang bermediumkan bahasa, baik lisan ataupun tertulis, yang secara khusus  dapat dipahami oleh anak-anak dan berisi tentang dunia yang akrab dengan anak-anak.
Ada  tiga  ciri  yang menandai sastra anak itu berbeda dengan  sastra orang dewasa. Tiga  ciri pembeda itu berupa: (1) unsur pantangan, (2) penyajian dengan gaya secara langsung, dan (3) fungsi terapan.
Apresiasi sastra adalah kegiatan menggauli cipta sastra anak dengan sungguh-sungguh sehingga tumbuh  pengertian,  penghargaan,  kepekaan  pikiran  kritis  dan  kepekeaan perasaan yang baik terhadap citrasastra anak.
Adapun tugas Anda terkait apresiasi sastra anak adalah
1.      Membuat puisi anak dan membacakannya
2.      Membuat naskah drama dan mementaskannya

1.      Membuat puisi anak dan membacakannya
  1. Untuk membuat puisi, pertama tentu Anda harus menentukan tema atau judul terlebih dahulu, misalnya tema tentang puisi keluarga, puisi binatang dan tumbuhan, puisi persahabatan, puisi lucu-lucu, keindahan alam dan pemandangan, hidup sederhana, dan lain-lain.
  2. Setelah Anda menentukan tema atau judul selanjutnya mencari pilihan kata yang tepat atau kata-kata kunci dan mengembanngkannya, cara yang kedua ini dapat terasah dengan sering-sering membaca contoh puisi yang ada.
  3. Gunakan gaya bahasa untuk membangun suasananya, supaya sebuah puisi memiliki gereget untuk dibaca, maka sebaiknya dalam menulis puisi, penulis sebisa mungkin untuk membangun suasana yang sesuai dengan tema yang diangkat.
  4. Tentukan nada,  rima, dan citraan, merupakan hal yang penting dan tidak bisa dianggap remeh dalam proses pembuatan puisi adalah menentukan nada, rima, dan citraan, karena sebaik apapun pemilihan kata dan isi puisi tersebut, apabila tidak diiringi dengan pemilihan nada, rima, dan citraan yang sesuai, maka sajian puisi pun akan hambar.
e.       Puisi yang telah dibuat selanjutnya dibacakan dengan diiringi musik yang sesuai dengan isi puisi,
f.       Sajikan tugas membuat puisi dan musikalisasi puisi dalam program video pembelajaran yang komunikatif.
Tugas
Buatlah satu puisi anak kemudian dibaca dengan diiringi musik yang sesuai dengan isi puisi. Puisi dan musikalisasi puisinya divideokan. Durasi video kurang dari 20 menit. Hasil burning file video ke VCD dikumpulkan pada ketua kelas tanggal 13 Juni 2016. Jangan lupa untuk memberi identitas, seperti nama, kelompok, kelas, dan program studi.

2.      Membuat naskah drama anak dan mementaskannya
Drama  adalah satu bentuk lakon seni melalui percakapan dan lakuan tokoh-tokohnya.
Adapun tugas Anda adalah membuat naskah drama anak dan mementaskannya serta memvideokan.
Berikut ini beberapa hal yang perlu Anda perhatikan berkenaan dengan kaidah penulisan naskah drama.
a.   Pada awal kisahan biasanya disertakan prolog sebagai pengantar cerita dan epilog sebagai penutup cerita.
b.      Penulisan dialog harus diawali dengan nama tokoh yang mengungkapkan dialog.
c.       Penggunaan tanda baca titik dua untuk mengungkapkan dialog tokoh.
d.      Petunjuk lakuan dituliskan dengan tanda kurung atau diletakkan sebagai paragraf tersendiri.
e.   Penulisan perpindahan babak, adegan, atau setting drama ditulis tersendiri atau tidak digandeng dengan dialog tokoh.
Tugas
Buatlah satu naskah drama pendek kemudian dipentaskan. Pementasan drama divideokan. Durasi drama kurang dari 20 menit. Hasil burning file video ke VCD dikumpulkan pada ketua kelas tanggal 13 Juni 2016. Jangan lupa untuk memberi identitas, seperti nama, kelompok, kelas, dan program studi.

Catatan tambahan:


  1. Tugas ini dikerjakan secara kelompok.
  2. Kelompok didasarkan pada hasil pembagian kelompok tugas analisis kesalahan berbahasa pada waktu terdahulu.
  3. Setiap kelompok wajib mengerjakan tugas 1 (menganalisis kesalahan berbahasa) dan memilih salah satu dari tugas 2 (tugas pilihan). Apabila memilih tugas membuat puisi maka setiap anggota kelompok harus membuat puisi dan membacakannya dan apabila memilih tugas membuat naskah drama maka setiap anggota kelompok terlibat sebagai tokoh drama).
  4. Setiap kelompok presentasi kelas dimohon untuk mengirim file PPT-nya ke email fauzan_btg@yahoo.co.id

“Selamat Berkarya”

Mati lampu hidupkan lilin
Api lilin jangan digapai
Belajarlah hidup disiplin
Agar cita-cita mudah tercapai



No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...