UJIAN TENGAH
SEMESTER GENAP TAHUN AKADEMIK 2015/2016
Mata
Kuliah : Bahasa dan Sastra Indonesia
MI/SD
Jurusan : Tarbiyah
Prodi : PGMI/A/B/C/D
Pengampu : Muchamad Fauyan, M. Pd.
|
Hari,
Tanggal : 28-31 Maret 2016
Waktu : -
Ruang : -
Sifat : Take Home
|
1. Tulis kembali wacana
berikut ini dengan memberi judul yang sesuai dan menerapkan ejaan (huruf
kapital, kata, dan tanda-tanda baca) bahasa Indonesia yang benar!
Anggapan bahwa ketrampilan
menulis muncul hanya karena adanya bakat istimewa tidak benar demikian juga
anggapan bahwa sasterawan itu di lahirkan bukan di bentuk tidak sepenuhnya
benar seperti tukang jahit atau tukang bengkel ketrampilan menulis juga dapat
di pelajari.
Menulis cerpen pada
dasarnya menyampaikan sebuah pengalaman kepada pembacanya menulis cerpen bukan
hanya sekedar memberitahukan sebuah cerita sebuah cerpen bukan hanya
menyampaikan cerita melainkan juga menggambarkan sebuah pengalaman dalam bentuk cerita oleh karena itu salah
satu sarat agar cerpen di anggap berhasil yaitu bagaimana membawa pembaca
memasuki pengalaman kedalam cerita ini.
2. Buatlah sebuah wacana yang
baik. Kemudian:
a. Klasifikasikan daftar
bentuk kata/bahasa yang ada dalam wacana Anda sesuai dengan ragam maknanya!
(masing-masing ragam makna minimal 5 contoh)
b. Tunjukkan contoh frase dan
klausa yang terdapat dalam wacana Anda!
(masing-masing minimal 5 contoh)
c. Berdasarkan wacana yang
Anda buat. Tunjukkan contoh (bila ada masing-masing minimal 5 contoh):
1)
Kalimat verbal transitif
2)
Kalimat verbal intransitif
3)
Kalimat aktif
4)
Kalimat pasif
5)
Kalimat tunggal
6)
Kalimat majemuk
d. Tunjukkan bahwa wacana
yang Anda buat adalah wacana yang baik!
e. Tentukan tingkat keterbacaan wacana tersebut!
Keterangan:
Jawaban ditulis tangan dan dikumpulkan pada ketua kelas tanggal 8 April 2016 selambat-lambatnya
jam 13.00 WIB.
No comments:
Post a Comment