Selamat Datang di Blog Si Bejo - You deserve to get the best things in life

Thursday 5 December 2013

PEDOMAN PENULISAN LAPORAN PENELITIAN PSIKOLOGI PERKEMBANGAN

A.   Sistematika Laporan Penelitian

Laporan penelitian memuat:

Halaman Judul

Kata Pengantar

Daftar Isi

Bab I. Pendahuluan. Bagian ini menguraikan masalah yang akan dibahas meliputi: latar belakang masalah, rumusan masalah, prosedur pemecahan masalah, dan sistematika laporan penelitian.

Bab II. Landasan Teoritis. Bagian ini memuat kajian teori disusun berdasarkan relevansi yang diperlukan dalam penulisan laporan dan berisi penjelasan secukupnya tentang spesifikasinya.

Bab III. Temuan Penelitian dan Pembahasan Hasil Penelitian. Bagian ini memuat uraian tentang temuan lapangan dan pembahasan hasil penelitian berdasarkan masalah yang diajukan, yang dilengkapi dengan data temuan lapangan serta data pendukung serta argumen-argumen yang berlandaskan pandangan pakar dan teori yang relevan yang telah diurai dalam bagian landasan teori.

Bab IV. Penutup. Bagian ini merupakan simpulan dan bukan ringkasan isi. Simpulan adalah makna yang diberikan penulis terhadap hasil penelitian yang telah dibuatnya pada bagian isi. Dalam mengambil simpulan tersebut penulis harus mengacu kembali ke permasalahan yang dijaukan dalam bagian pendahuluan.

Daftar Pustaka

B.   Teknik Pengetikan Laporan

Laporan ditulis dengan menggunakan kertas HVS 70-80 gram ukuran A4 atu kuarto.  Pengetikan makalah harus mengikuti tauran-aturan berikut ini.
  1. Diketik dengan menggunakan komputer, huruf jenis Times New Roman ukuran 12.
  2. Batas tepi kiri, tepi atas, tepi kanan, dan tepi bawah masing-masing adalah 4 cm, 4 cm, 3 cm, dan 3 cm.
  3. Pengetikan paragraf baru dimulai dengan awal kalimat yang menjorok masuk ke dalam dengan lima pukulan atau 1 tab bila dengan komputer.
  4. Penulisan Judul dan Judul Bab menggunakan HURUF KAPITAL SEMUA, tanpa garis bawah dan tanpa titik.
  5. Cara penomoran menggunakan sistem kerangka lekuk:I., A., 1., a, 1), a), (1), (a).

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...