SOAL UJIAN TENGAH SEMESTER GANJIL TAHUN AKADEMIK 2013/2014
Mata Kuliah : Psikologi Perkembangan
Jurusan : Tarbiyah
Prodi : S1 PAI A, B,
dan C
Pengampu : Muchamad Fauzan, M. Pd.
|
Hari, Tanggal :
Waktu :
Ruang :
Sifat
: Take
Home
|
Soal!
1. Amatilah 2 individu yang seumur di sekitar lingkungan Anda. Lalu catatlah
persamaan dan perbedaan apa saja yang nampak di antara keduanya,
klasifikasikanlah persamaan dan perbedaan tersebut dalam berbagai aspek apa,
serta mengapa persamaan atau perbedaan di antara kedua individu tersebut ada. Yang
terakhir, untuk menguatkan hasil pengamatan, lakukan wawancara dengan orang di
sekelilingnya, buatlah catatan yang berisi kesimpulan Anda tentang perkembangan
individu tersebut berdasarkan hasil pengamatan dan wawancara, sekaligus mencari
tahu implikasi model pendidikan yang disiapkan bagi mereka.
Untuk
memudahkan Anda mengerjakan latihan di atas, coba lihat format seperti contoh
berikut ini (Anda tidak harus menggunakan format ini, bisa dengan cara Anda
sendiri).
NO
|
Persamaan/Perbedaan Aspek Perkembangan
|
Individu
|
Penyebab Persamaan/Perbedaan
|
Simpulan dan Implikasi
|
|
A (Nama)
|
B (Nama)
|
||||
1
|
Persamaan Aspek perkembangan
|
||||
Aspek fisik:
|
|||||
Tinggi badan
|
145
|
145
|
|||
Berat Badan
|
|||||
Aspek Intelektual
|
|||||
Dll
|
|||||
2
|
Perbedaan Aspek perkembangan
|
||||
Aspek fisik:
|
|||||
Tinggi badan
|
|||||
Berat Badan
|
|||||
Kelainan fisik/mata
|
|||||
Aspek Intelektual
|
|||||
Dll
|