YAYASAN MADRASAH ISLAMIYAH
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM KI AGENG
PEKALONGAN
STIKAP YMI
Jl. Raya Simpang Tiga Sedayu Wonopringgo
Pekalongan Telp. (0285) 4483711
SILABUS
Program Studi : S1 MPI
Mata Kuliah : Isu-isu Kritis Pendidikan
Jumlah SKS : 3 SKS
Dosen Pengampu : Muchamad Fauzan, M. Pd.
A. Deskripsi Mata Kuliah
Mata kuliah ini diberikan kepada mahasiswa
yang telah mengetahui pengetahuan dasar mengenai pendidikan dan diperkaya
dengan bahasan isu-isu kritis pendidikan nasional yang perlu diketahui oleh mahasiswa yang akan melaksanakan tugas sebagai pendidik maupun praktisi pendidikan.
Mata kuliah ini pada dasarnya didesain
untuk memungkinkan mahasiswa belajar secara aktif (student active learning) dan mandiri (self instructional). Pelaksanaan keseluruhan program mata kuliah ini, memerlukan 16 x 3 jam pertemuan mingguan.
Selanjutnya, peserta kuliah akan menulis makalah
secara individual untuk ditampilkan dalam sesi diskusi yang diharapkan mahasiswa
akan mempunyai cakrawala pengetahuan yang luas, adaptabilitas yang tinggi, dan
ketajaman berpikir dalam menganalisa isu-isu kritis pendidikan tersebut serta
mahasiswa mampu mempersiapkan, melaksanakan, mengevaluasi, dan membimbing penyelesaian
isu-isu tersebut dengan efektif dan efisien.
Adapun landasan normatif mata
kuliah ini adalah generalisasi. Dengan landasan tersebut diharapkan mahasiswa
akan terbiasa berpikir komprehensif, dalam mempelajari, memahamai dan
mengembangkan suatu masalah. Untuk mengarahkan para mahasiswa yang mengikuti
perkuliahan ini akan membahas topik-topik bahasan kuliah Isu-isu Kritis
Pendidikan yang dengan sengaja dirancang sebagai rambu-rambu agar tidak keluar
dari tujuan dasar mata kuliah ini.
B.
Standar Kompetensi Mata Kuliah
Setelah
mengikuti perkuliahan diharapkan:
1.
Mahasiswa memiliki pemahaman tentang dinamika
pendidikan masa kini,
2.
Mahasiswa memiliki bekal yang komprehensif
mengenai isu-isu kritis pendidikan yang diharapkan mahasiswa tersebut
mempunyai
adaptabilitas yang tinggi terhadap permasalahan tersebut, sehingga mampu
mempersiapkan, melaksanakan, mengevaluasi, dan merespon masalah tersebut dengan cepat
dan tepat.
C. Strategi dan Metode Perkuliahan
1. Metode
pembelajaran: ceramah, resitasi, diskusi, pembelajaran aktif, dan pembelajaran
kooperatif.
·
Ceramah
Dosen memberikan pengantar dan penjelasan dalam perkuliahan ketika
membuka perkuliahan dan klarifikasi persoalan dalam perjalanan kuliah.
·
Presentasi
Semua mahasiswa wajib mempresentasikan makalah yang dibuat secara
kelompok. Presentasi dilakukan secara berkelompok sesuai dengan urutan pokok
bahasan mata kuliah.
·
Resitasi
Mahasiswa melacak, mengkaji, menganalisis, dan mengumpulkan informasi belajar berbasis
IT bersumber multi referensi.
a. Tugas Kelompok: Mahasiswa membuat makalah
dengan format tema sesuai dengan pokok bahasan dalam silabus (minimal 10
halaman, font Times New Roman, spasi 1,5, menggunakan minimal 4 buku
referensi), disertai halaman sampul dan biodata singkat mahasiswa.
Makalah dengan sistematika sebagai berikut:
1)
Judul
2)
Pendahuluan (berikan ulasan mengenai makalah)
3)
Pembahasan meliputi kajian pada sub komponen.
4)
Penutup (simpulan dan saran)
b. Tugas Individu (UTS)
Mahasiswa membuat makalah dengan tema/isu-isu kritis pendidikan sesuai pilihannya
atau dengan tema/isu-isu kritis pendidikan sebagai berikut.
·
perkembangan pendidikan nasional dan permasalahannya,
·
kesempatan memperoleh pelayanan pendidikan nasional dan
permasalahannya,
·
peningkatan mutu pendidikan nasional dan
permasalahannya,
·
peningkatan efisiensi dan efektivitas pelayanan pendidikan nasional dan
permasalahannya
·
peningkatan pengelolaan pendidikan nasional dan permasalahannya.
(format minimal 10 halaman, font Times New Roman, spasi 1,5, menggunakan
minimal 4 buku referensi, disertai halaman sampul dan biodata singkat
mahasiswa, dan sistematika makalah disesuaikan dengan sistematika makalah
pribadi).
D. Materi Pokok/Topik Bahasan Tiap Pertemuan
Pert.
|
Materi Pokok /Topik Bahasan
|
1.
|
Informasi
Perkuliahan dan Kesepakatan proses dan
hasil penilaian perkuliahaan (Kontrak Belajar)
|
2
|
Pengantar Isu-isu Kritis
Pendidikan
|
3
|
Problematika Pendidikan Nasional di Era
Global
|
4
|
Kajian kritis terhadap
Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional
|
5
|
Wajib Belajar Sembilan Tahun
|
6
|
Pendidikan Anak Usia Dini
|
7
|
Otonomi Sekolah dan Madrasah
|
8
|
UTS
|
9
|
BOS
|
10
|
E-Learning dalam Pendidikan Islam
|
11
|
Sertifikasi Guru dalam Jabatan
|
12
|
Pendidikan Profesi Guru
|
13
|
Akreditasi Sekolah dan Madrasah
|
14
|
Pendidikan Karakter dalam Perspektif Islam
|
15
|
Model Pendidikan Islam Berbasis Pluralisme
|
16
|
UAS
|
E.
Evaluasi Pembelajaran
No
|
Aspek
|
Persentase
|
1
|
Kehadiran
|
15%
|
2
|
Makalah
Kelompok
|
20%
|
5
|
Makalah Pribadi
(UTS)
|
30%
|
6
|
UAS
|
35%
|
Jumlah
|
100%
|
F. Referensi:
Abdul Munir Mulkhan. (2002). Nalar Spiritual Pendidikan:
Solusi Problem Filosofis Pendidikan Islam. Yogyakarta: P.T. Tiara Wacana.
Abudin Nata. (2004). Kapita Selekta Pendidikan
Islam. Jakarta: Gramedia Widiasarana.
Azyumardi Azra. (1999). Pendidikan Islam
Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru. Jakarta: P. T. Logos.
A. Malik Fajar.
(2004). Rapat Kerja Menteri Pendidikan
Nasional dengan KOMISI VI DPR RI .
Jakarta
Bashori Muchsin dan Abdul
Wachid. (2009). Pendidikan Islam Kontemporer. Bandung: Refika Editama.
Departemen Pendidikan Nasional (2006). Arah Kebijakan Pembangunan Pendidikan Indonesia
Tahun 2006. Jakarta
Direktorat Jenderal
Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah. (2006). Arah Pengembangan Manajemen
Pendidikan dasar dan Menengah. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional
Mardiatmadja. (1984).
Tantangan Dunia Pendidikan. Yogyakarta : Penerbit Kanisius
Purbo Sulistyo.
(2006). Ada
Apa Dengan Pendidikan Di Indonesia. http://www.sartini.staff.ugm.ac.id/
Peraturan Pemerintah
No 28 tahun 1990 tentang pendidikan dasar
Raka Joni. (1981). Wawasan Pendidikan.
Jakarta :
Depdikbud.
Shene. H.G. (1984). Arti Pendidikan Bagi Masa Depan. Jakarta : Pustekom, Dikbud:
CV Rajawali.
Susilo Bambang
Yudoyono. 2006. Peningkatan Akses
Masyarakat Terhadap Pendidikan Yang Lebih Berkualitas. Jakarta :
Pidato Presiden Republik Indonesia
Undang-undang
Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003. Sistem
Pendidikan Nasional.
Undang-undang
Republik Indonesia Nomor 14
Tahun 2005. Tentang
Guru dan Dosen.
UNESCO. (1990).
Treasure Within. Report to UNESCO of the International Commission on Education
for the Twenty-first Century. Paris :
UNESCO Publishing
Zuhairini, dkk. (1997). Sejarah Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi
Aksara.
G.
Komunikasi
Dosen bisa dihubungi di: 085640070931, e-mail: fauzan_btg@yahoo.co.id Weblog: si-bejo.blogspot.com
Mengetahui,
Ketua Jurusan
________________
|
Dosen Pengampu,
Mata Kuliah
Muchamad Fauzan, M. Pd
|
No comments:
Post a Comment