Selamat Datang di Blog Si Bejo - You deserve to get the best things in life

Wednesday 21 November 2012

SILABUS DAN RENCANA MUTU PERKULIAHAN ISU-ISU KRITIS PENDIDIKAN


YAYASAN MADRASAH ISLAMIYAH
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM KI AGENG PEKALONGAN
STIKAP YMI
Jl. Raya Simpang Tiga Sedayu Wonopringgo Pekalongan Telp. (0285) 4483711
 
SILABUS

 Program Studi : S1 MPI
Mata Kuliah    : Isu-isu Kritis Pendidikan
Jumlah SKS     : 3 SKS
Dosen Pengampu  : Muchamad Fauzan, M. Pd.

A. Deskripsi Mata Kuliah
Mata kuliah ini diberikan kepada mahasiswa yang telah mengetahui pengetahuan dasar mengenai pendidikan dan diperkaya dengan bahasan  isu-isu kritis pendidikan nasional yang perlu diketahui oleh mahasiswa yang akan melaksanakan tugas sebagai pendidik maupun praktisi pendidikan.
Mata kuliah ini pada dasarnya didesain untuk memungkinkan mahasiswa belajar secara aktif (student active learning) dan mandiri (self instructional). Pelaksanaan keseluruhan program mata kuliah ini, memerlukan 16 x 3 jam pertemuan mingguan.
Selanjutnya, peserta kuliah akan menulis makalah secara individual untuk ditampilkan dalam sesi diskusi yang diharapkan mahasiswa akan mempunyai cakrawala pengetahuan yang luas, adaptabilitas yang tinggi, dan ketajaman berpikir dalam menganalisa isu-isu kritis pendidikan tersebut serta mahasiswa mampu mempersiapkan, melaksanakan, mengevaluasi, dan membimbing penyelesaian isu-isu tersebut dengan efektif dan efisien.
Adapun landasan normatif mata kuliah ini adalah generalisasi. Dengan landasan tersebut diharapkan mahasiswa akan terbiasa berpikir komprehensif, dalam mempelajari, memahamai dan mengembangkan suatu masalah. Untuk mengarahkan para mahasiswa yang mengikuti perkuliahan ini akan membahas topik-topik bahasan kuliah Isu-isu Kritis Pendidikan yang dengan sengaja dirancang sebagai rambu-rambu agar tidak keluar dari tujuan dasar mata kuliah ini.

B.     Standar Kompetensi Mata Kuliah
Setelah mengikuti perkuliahan diharapkan:
1.      Mahasiswa memiliki pemahaman tentang dinamika pendidikan masa kini,
2.      Mahasiswa memiliki bekal yang komprehensif mengenai isu-isu kritis pendidikan yang diharapkan mahasiswa tersebut  mempunyai adaptabilitas yang tinggi terhadap permasalahan tersebut, sehingga mampu mempersiapkan, melaksanakan, mengevaluasi, dan merespon masalah tersebut dengan cepat dan tepat.

C.    Strategi dan Metode Perkuliahan
1.      Metode pembelajaran: ceramah, resitasi, diskusi, pembelajaran aktif, dan pembelajaran kooperatif.
·         Ceramah
Dosen memberikan pengantar dan penjelasan dalam perkuliahan ketika membuka perkuliahan dan klarifikasi persoalan dalam perjalanan kuliah.
·         Presentasi
Semua mahasiswa wajib mempresentasikan makalah yang dibuat secara kelompok. Presentasi dilakukan secara berkelompok sesuai dengan urutan pokok bahasan mata kuliah.
·         Resitasi
Mahasiswa melacak, mengkaji, menganalisis,  dan mengumpulkan informasi belajar berbasis IT bersumber multi referensi.
a.       Tugas Kelompok: Mahasiswa membuat makalah dengan format tema sesuai dengan pokok bahasan dalam silabus (minimal 10 halaman, font Times New Roman, spasi 1,5, menggunakan minimal 4 buku referensi), disertai halaman sampul dan biodata singkat mahasiswa.
Makalah dengan sistematika sebagai berikut:
1)      Judul
2)      Pendahuluan (berikan ulasan mengenai makalah)
3)      Pembahasan meliputi kajian pada sub komponen.
4)      Penutup (simpulan dan saran)

b.      Tugas Individu (UTS)
Mahasiswa membuat makalah dengan tema/isu-isu kritis pendidikan sesuai pilihannya atau dengan tema/isu-isu kritis pendidikan sebagai berikut.
·         perkembangan pendidikan nasional dan permasalahannya,
·         kesempatan memperoleh pelayanan pendidikan nasional dan permasalahannya,
·         peningkatan mutu pendidikan nasional dan permasalahannya,
·         peningkatan efisiensi dan efektivitas pelayanan pendidikan nasional dan permasalahannya
·         peningkatan pengelolaan pendidikan nasional dan permasalahannya.
(format minimal 10 halaman, font Times New Roman, spasi 1,5, menggunakan minimal 4 buku referensi, disertai halaman sampul dan biodata singkat mahasiswa, dan sistematika makalah disesuaikan dengan sistematika makalah pribadi).

D.    Materi Pokok/Topik Bahasan Tiap Pertemuan

Pert.
Materi Pokok /Topik Bahasan
1.
Informasi Perkuliahan dan Kesepakatan proses dan hasil penilaian perkuliahaan (Kontrak Belajar)
2
Pengantar Isu-isu Kritis Pendidikan
3
Problematika Pendidikan Nasional di Era Global
4
Kajian kritis terhadap Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional
5
Wajib Belajar Sembilan Tahun
6
Pendidikan Anak Usia Dini
7
Otonomi Sekolah dan Madrasah
8
UTS
9
BOS
10
E-Learning dalam Pendidikan Islam
11
Sertifikasi Guru dalam Jabatan
12
Pendidikan Profesi Guru
13
Akreditasi Sekolah dan Madrasah
14
Pendidikan Karakter dalam Perspektif Islam
15
Model Pendidikan Islam Berbasis Pluralisme
16
UAS

E.     Evaluasi Pembelajaran

No
Aspek
Persentase
1
Kehadiran
15%
2
Makalah Kelompok
20%
5
Makalah Pribadi (UTS)
30%
6
UAS
35%
Jumlah
100%

F.       Referensi:

Abdul Munir Mulkhan. (2002). Nalar Spiritual Pendidikan: Solusi Problem Filosofis Pendidikan Islam. Yogyakarta: P.T. Tiara Wacana.
Abudin Nata. (2004). Kapita Selekta Pendidikan Islam. Jakarta: Gramedia Widiasarana.
Azyumardi Azra. (1999). Pendidikan Islam Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru. Jakarta: P. T. Logos.
A. Malik Fajar. (2004). Rapat Kerja Menteri Pendidikan Nasional dengan  KOMISI VI DPR RI. Jakarta
Bashori Muchsin dan Abdul Wachid. (2009). Pendidikan Islam Kontemporer. Bandung: Refika Editama.
Departemen Pendidikan Nasional (2006). Arah Kebijakan Pembangunan Pendidikan Indonesia Tahun 2006. Jakarta
Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah. (2006). Arah Pengembangan Manajemen Pendidikan dasar dan Menengah. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional
Mardiatmadja. (1984). Tantangan Dunia Pendidikan. Yogyakarta: Penerbit Kanisius
Purbo Sulistyo. (2006). Ada Apa Dengan Pendidikan Di Indonesia. http://www.sartini.staff.ugm.ac.id/
Peraturan Pemerintah No 28 tahun 1990 tentang pendidikan dasar
Raka Joni. (1981). Wawasan Pendidikan. Jakarta: Depdikbud.
Shene. H.G. (1984). Arti Pendidikan Bagi Masa Depan. Jakarta: Pustekom, Dikbud: CV Rajawali.
Susilo Bambang Yudoyono. 2006. Peningkatan Akses Masyarakat Terhadap Pendidikan Yang Lebih Berkualitas. Jakarta: Pidato Presiden Republik Indonesia
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003. Sistem Pendidikan Nasional.
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005. Tentang Guru dan Dosen.
UNESCO. (1990). Treasure Within. Report to UNESCO of the International Commission on Education for the Twenty-first Century. Paris: UNESCO Publishing
Zuhairini, dkk. (1997). Sejarah Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

G.      Komunikasi

Dosen bisa dihubungi di: 085640070931, e-mail: fauzan_btg@yahoo.co.id Weblog: si-bejo.blogspot.com


Mengetahui,
Ketua Jurusan


________________

Dosen Pengampu,
Mata Kuliah


Muchamad Fauzan, M. Pd

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...