Selamat Datang di Blog Si Bejo - You deserve to get the best things in life

Monday 14 November 2011

Download Kumpulan Makalah atau Modul Perkuliahan

Modul Perkuliahan yang tersedia dan dapat didownload:

  • Standar kompetensi dari modul ini adalah mampu mengenal beberapa dari akhlak yang baik dan terpuji. Adapun kompetensi dasarnya adalah memahami dan mampu menjelaskan contoh dan perilaku dari akhlak yang baik. Dalam rangka keberhasilan pembelajaran, maka indikator pencapaiannya, paling tidak yaitu; pertama, menghafal beberapa perilaku yang tergolong sebagai akhlak yang baik dan kedua, dapat menjelaskan contoh dari perilaku yang baik, ketiga, dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.
  • Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan
    tertentu. Pada dasarnya kurikulum disusun dan dikembangkan untuk mencapai tujuan pendidikan. Kurikulum berfungsi sebagai garis haluan dalam merancang, melaksanakan, dan menilai proses pembelajaran di sekolah.
  • Sebagai guru atau calon guru PGMI anda dituntut untuk dapat menilai sendiri kemampuan diri dengan jujur. Oleh karena itu setelah mempelajari dari topic ke topic lain atau keseluruahn isi setiap KB, kerjakan latihan-latihan atau test
    formatif yang terdapat di setiap KB. Untuk melihat hasilnya, silahkan melihat petunjuk atau rambu-rambu pengerjaan latihan dan kunci test formatif pada akhir BBM ini. Anda akan mengetahui sendiri seberapa tingkat penguasaan anda terhadap materi BBM yang telah anda pelajari.
  • Modul “Sejarah Ilmu Aqidah, Perkembangan dan Madzhab Pemikiran” ini merupakan bagian dari modul kurikulum tentang pemahaman bidang studi Aqidah Akhlak secara keseluruhan. Anda sebagai mahasiswa pada program madrasah ibtidaiyyah (PGMI) S-1 perlu memahaminya secara utuh terkait dengan kurikulum tersebut. Dalam rangka penerapan modul ini untuk proses belajar mengajar di kelas, Anda perlu memperkaya dengan buku-buku (rujukan/referensi) lainnya.
  • Pedagogik merupkan ilmu yang membahas pendidikan, yaitu ilmu pendidikan anak. Jadi pedagogik mencoba menjelaskan tentang seluk beluk pendidikan anak, pedagogik merupakan teori pendidikan anak. Pedagogik sebagai ilmu sangat dibutuhkan oleh guru khusunya guru Taman Kanak-Kanak dan Guru Sekolah Dasar karena mereka akan berhadapan dengan anak yang belum dewasa.
  • Suatu gedung akan dapat berdiri tegak dan kuat apabila dibangun di atas suatu landasan (fondasi) yang kokoh. Demikian pula pendidikan, pendidikan akan dapat dilaksanakan secara mantap, jelas tujuannya, relevan isi kurikulumnya, serta efektif dan efisien cara-cara pelaksanaannya, hanya apabila dilaksanakan dengan mengacu kepada suatu landasan pendidikan yang kokoh.
  • Ada empat keterampilan berbahasa yang akan dipaparkan melalui enam modul. Listening Skilll merupakan tahapan pertama didalam mengajarkan keterampilan berbahasa. Keterampilan ini adalah satu dari dua keterampilan reseptif yang ada. Keterampilan reseptif lainnya adalah Reading Skill (keterampilan membaca). Dua keterampilan lainnya bersifat produktif, yaitu Speaking Skill (keterampilan berbicara) dan Writing Skill (keterampilan menulis).
  • Dalam bahan belajar mandiri pertama ini, Anda akan diperkenalkan dengan konsep Bimbingan dan Konseling di MI/ Sekolah Dasar. Pembahasan akan difokuskan pada Makna Bimbingan dan Konseling; Tujuan, Prinsip, Fungsi dan Azas Bimbingan; serta Strategi-Pendekatan Bimbingan dan Konseling.
  • Anda tentu telah memahami bahwa kualitas hubungan antara guru dan peserta
    didik menentukan keberhasilan proses pembelajaran yang efektif. Untuk
    melaksanakan fungsinya yang sangat menentukan tersebut, guru dituntut untuk
    memiliki kemampuan yang memadai. Tanpa kemampuan yang cukup, sulit diharapkan bahwa guru dapat melaksanakan fungsinya dengan baik sehingga tujuan kegiatan belajar mengajar akan tercapai.
  • Salah satu kompetensi yang harus dikuasai oleh guru adalah evaluasi pembelajaran. Kompetensi ini sejalan dengan tugas dan tanggung jawab guru dalam pembelajaran yaitu mengevaluasi pembelajaran termasuk di dalamnya melaksanakan penilaian proses dan hasil belajar.
  • Modul pengantar Filsafat Islam, sejarah kemunculan Filsafat Islam dan sumber-sumber Filsafat Islam berisi pembahasan tentang narasi seputar Ihwal Filsafat Islam (definisi Filsafat Islam dalam hubungannya dengan Filsafat pada umumnya), Sejarah kemunculan dan Sumber- sumber yang melatarbelakangi kemunculan Filsafat Islam. Modul ini juga berisikan pedoman pembelajaran Filsafat Islam dengan pendekatan keterampilan menelaah materi dalam kegiatan belajar.
  • Dilihat dari namanya, Masail Fiqhiyah pastinya berkaitan dengan masalah-masalah (problematika) seputar fiqh. Artinya masalah-masalah yang terjadi di masyarakat perlu pemecahan (solving) yang dikaitkan dengan sumber rujukannya yaitu al-Quran dan Sunnah. Bagaimana al-Quran dan Sunnah memandang dan memberikan keputusan hukum terhadap masalah-masalah yang berkembang di masyarakat. Hal ini perlu dilakukan karena al-Quran dan Sunnah adalah dua sumber hukum yang pertama dan utama.
  • Matematika adalah mata kuliah yang berisi bahasan tentang konsep-konsep pra-bilangan dan bilangan cacah; bilangan bulat, bilangan rasional, dan irasional; aritmatika modular dan aritmatika sosial; bangun-bangun geometri; satuan pengukuran dan perbandingan; kesebangunan dan kekongruenan; transformasi; statistika; dan peluang. Konsep-konsep yang diuraikan dalam mata kuliah ini diharapkan dapat membantu mahasiswa untuk meyelesaikan soal-soal matematika dalam kehidupan sehari-hari.
  • Mata kuliah Bahasa Indonesia merupakan mata kuliah wajib bagi mahasiswa S-1 Pendidikan Agama Islam. Mata kuliah ini bertujuan agar para mahasiswa dapat memahami dan menerapkan bahasa Indonesia dalam kegiatan sehari-hari untuk menunjang profesionalitas dan produktivitas bekerja.
  • Metodologi Studi Islam adalah prosedur yang ditempuh dalam mempelajari Islam dengan cepat, tepat dan menyeluruh, yakni dari berbagai aspeknya dan berbagai alirannya.
  • Mata kuliah pengelolaan pendidikan merupakan mata kuliah yang akan membekali mahasiswa tentang konsep dasar pengelolaan dan organisasi pendidikan dalam perspektif sistem Pendidikan Nasional.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...