Download Kumpulan Makalah atau Modul Perkuliahan
Standar
kompetensi dari modul ini adalah mampu mengenal beberapa dari akhlak
yang baik dan terpuji. Adapun kompetensi dasarnya adalah memahami dan
mampu menjelaskan contoh dan perilaku dari akhlak yang baik. Dalam
rangka keberhasilan pembelajaran, maka indikator pencapaiannya, paling
tidak yaitu; pertama, menghafal beberapa perilaku yang tergolong
sebagai akhlak yang baik dan kedua, dapat menjelaskan contoh dari
perilaku yang baik, ketiga, dapat menerapkannya dalam kehidupan
sehari-hari.
Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan,
isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman
penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan
tertentu.
Pada dasarnya kurikulum disusun dan dikembangkan untuk mencapai tujuan
pendidikan. Kurikulum berfungsi sebagai garis haluan dalam merancang,
melaksanakan, dan menilai proses pembelajaran di sekolah.
Sebagai guru atau calon guru PGMI anda dituntut untuk dapat menilai
sendiri kemampuan diri dengan jujur. Oleh karena itu setelah
mempelajari dari topic ke topic lain atau keseluruahn isi setiap KB,
kerjakan latihan-latihan atau test
formatif yang terdapat di setiap
KB. Untuk melihat hasilnya, silahkan melihat petunjuk atau rambu-rambu
pengerjaan latihan dan kunci test formatif pada akhir BBM ini. Anda
akan mengetahui sendiri seberapa tingkat penguasaan anda terhadap
materi BBM yang telah anda pelajari.
Modul
“Sejarah Ilmu Aqidah, Perkembangan dan Madzhab Pemikiran” ini merupakan
bagian dari modul kurikulum tentang pemahaman bidang studi Aqidah
Akhlak secara keseluruhan. Anda sebagai mahasiswa pada program madrasah
ibtidaiyyah (PGMI) S-1 perlu memahaminya secara utuh terkait dengan
kurikulum tersebut. Dalam rangka penerapan modul ini untuk proses
belajar mengajar di kelas, Anda perlu memperkaya dengan buku-buku
(rujukan/referensi) lainnya.
Pedagogik
merupkan ilmu yang membahas pendidikan, yaitu ilmu pendidikan anak.
Jadi pedagogik mencoba menjelaskan tentang seluk beluk pendidikan anak,
pedagogik merupakan teori pendidikan anak. Pedagogik sebagai ilmu
sangat dibutuhkan oleh guru khusunya guru Taman Kanak-Kanak dan Guru
Sekolah Dasar karena mereka akan berhadapan dengan anak yang belum
dewasa.
Suatu
gedung akan dapat berdiri tegak dan kuat apabila dibangun di atas suatu
landasan (fondasi) yang kokoh. Demikian pula pendidikan, pendidikan
akan dapat dilaksanakan secara mantap, jelas tujuannya, relevan isi
kurikulumnya, serta efektif dan efisien cara-cara pelaksanaannya, hanya
apabila dilaksanakan dengan mengacu kepada suatu landasan pendidikan
yang kokoh.
Ada
empat keterampilan berbahasa yang akan dipaparkan melalui enam modul.
Listening Skilll merupakan tahapan pertama didalam mengajarkan
keterampilan berbahasa. Keterampilan ini adalah satu dari dua
keterampilan reseptif yang ada. Keterampilan reseptif lainnya adalah
Reading Skill (keterampilan membaca). Dua keterampilan lainnya bersifat
produktif, yaitu Speaking Skill (keterampilan berbicara) dan Writing
Skill (keterampilan menulis).
Dalam
bahan belajar mandiri pertama ini, Anda akan diperkenalkan dengan
konsep Bimbingan dan Konseling di MI/ Sekolah Dasar. Pembahasan akan
difokuskan pada Makna Bimbingan dan Konseling; Tujuan, Prinsip, Fungsi
dan Azas Bimbingan; serta Strategi-Pendekatan Bimbingan dan Konseling.
Anda tentu telah memahami bahwa kualitas hubungan antara guru dan peserta
didik menentukan keberhasilan proses pembelajaran yang efektif. Untuk
melaksanakan fungsinya yang sangat menentukan tersebut, guru dituntut untuk
memiliki kemampuan yang memadai. Tanpa kemampuan yang cukup, sulit
diharapkan bahwa guru dapat melaksanakan fungsinya dengan baik sehingga
tujuan kegiatan belajar mengajar akan tercapai.
Salah
satu kompetensi yang harus dikuasai oleh guru adalah evaluasi
pembelajaran. Kompetensi ini sejalan dengan tugas dan tanggung jawab
guru dalam pembelajaran yaitu mengevaluasi pembelajaran termasuk di
dalamnya melaksanakan penilaian proses dan hasil belajar.
Modul
pengantar Filsafat Islam, sejarah kemunculan Filsafat Islam dan
sumber-sumber Filsafat Islam berisi pembahasan tentang narasi seputar
Ihwal Filsafat Islam (definisi Filsafat Islam dalam hubungannya dengan
Filsafat pada umumnya), Sejarah kemunculan dan Sumber- sumber yang
melatarbelakangi kemunculan Filsafat Islam. Modul ini juga berisikan
pedoman pembelajaran Filsafat Islam dengan pendekatan keterampilan
menelaah materi dalam kegiatan belajar.
-
-
-
-
-
-
-
-
-
Dilihat dari namanya, Masail Fiqhiyah pastinya berkaitan dengan
masalah-masalah (problematika) seputar fiqh. Artinya masalah-masalah
yang terjadi di masyarakat perlu pemecahan (solving) yang dikaitkan
dengan sumber rujukannya yaitu al-Quran dan Sunnah. Bagaimana al-Quran
dan Sunnah memandang dan memberikan keputusan hukum terhadap
masalah-masalah yang berkembang di masyarakat. Hal ini perlu dilakukan
karena al-Quran dan Sunnah adalah dua sumber hukum yang pertama dan
utama.
Matematika adalah mata kuliah yang berisi bahasan tentang konsep-konsep
pra-bilangan dan bilangan cacah; bilangan bulat, bilangan rasional, dan
irasional; aritmatika modular dan aritmatika sosial; bangun-bangun
geometri; satuan pengukuran dan perbandingan; kesebangunan dan
kekongruenan; transformasi; statistika; dan peluang. Konsep-konsep yang
diuraikan dalam mata kuliah ini diharapkan dapat membantu mahasiswa
untuk meyelesaikan soal-soal matematika dalam kehidupan sehari-hari.
Mata kuliah Bahasa Indonesia merupakan mata kuliah wajib bagi mahasiswa
S-1 Pendidikan Agama Islam. Mata kuliah ini bertujuan agar para
mahasiswa dapat memahami dan menerapkan bahasa Indonesia dalam kegiatan
sehari-hari untuk menunjang profesionalitas dan produktivitas bekerja.
Metodologi Studi Islam adalah prosedur yang ditempuh dalam mempelajari
Islam dengan cepat, tepat dan menyeluruh, yakni dari berbagai aspeknya
dan berbagai alirannya.
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
Mata kuliah pengelolaan pendidikan merupakan mata kuliah yang akan
membekali mahasiswa tentang konsep dasar pengelolaan dan organisasi
pendidikan dalam perspektif sistem Pendidikan Nasional.
-
-
-
-
-
-
-
No comments:
Post a Comment